Cari Blog Ini

Kamis, 17 November 2011

Kepala Daerah Jangan Asal Tunjuk Kadis Pendidikan

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim menganggap masih ada kepala daerah yang salah memilih kepala dinas pendidikan (Kadisdik). - solopos.com

NILAH.COM, Purwakarta - Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim menganggap masih ada kepala daerah yang salah memilih kepala dinas pendidikan (Kadisdik), sehingga kesalahan tersebut bisa berakibat fatal pada dunia pendidikan di suatu daerah.

“kita sebenarnya tidak ingin menyalahkan siapa-siapa. Tapi ketika pendidikan di suatu kabupaten tidak maju, maka kami tak mau disalahkan atau bertanggung jawab sendiri. Karena saat ini untuk SD dan SMP sudah otonom. Sehingga yang menentukan pejabat kepala sekolahnya ya kepala dinas,” kata Musliar kepada sejumlah wartawan di sela-sela acara 'Sarasehan Nasional budaya dan Refleksi Kebangsaan' di pendopo Purwakarta, Senin (14/11/2011).

Kesalahan dalam menempatkan orang itu berlanjut ketika kepala dinas menunjuk seseorang untuk menjadi kepala sekolah. Bisa dibayangkan kesalahan serupa terulang, yang pada akhirnya menurunkan kualitas pendidikan. Pihaknya tidak berharap kondisi seperti itu terjadi di Kabupaten Purwakarta.

Dia juga menekankan agar pengangkatan kepala dinas atau kepala sekolah didasari oleh kompetensi, serta kemampuan manajerial. Begitu pula jabatan Kadisdik semestinya diisi oleh guru senior yang memiliki tauladan bagi orang lain.

“Tidak bisa asal tunjuk dengan tidak mengindahkan analisa mengenai dampak pendidikan ke depan,” ujarnya.[jul]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar